Yunidar, S.Si.,MT

Tentang Saya (About Me)

Sekilas tentang saya, saya adalah salah seorang dosen dijurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Unsyiah. Dengan nama lengkap Yunidar,S.Si.,MT. Saya lahir di Banda Aceh pada tanggal 29 Juni 1974. Saya tercatat sebagai salah satu dosen di Bidang Elektronika dan Instrumentasi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Unsyiah yang diterima melalui program yang diselenggarakan oleh Dikti dengan nama beasiswa “Karya Siswa”. Sebelum saya mengikuti program “Karya Siswa”, saya merupakan lulusan sarjana Fisika dari Fakultas MIPA Universitas Syiah Kuala. Namun pada saat itu saya mendapat info bahwa Jurusan Teknik Elektro membutuhkan tenaga dari lulusan Fisika FMIPA Unsyiah, hal itu membuat saya memberanikan diri untuk melamar untuk menjadi dosen disana dengan mengikuti serangkaian test baik yang diadakan Dikti maupun Universitas Indonesia yang merupakan Universitas Sasaran sebagai tempat untuk melanjutkan Program Pasca Sanjana di Fakultas Optoelektronika dan Aplikasi Laser Universitas Indonesia. Alhamdulillah saya akhirnya berhasil menjadi salah satu dosen di Jurusan Teknik Elektro Unsyiah dan tercatat sebagai CPNS sejak tanggal 01 maret 2000.Sesuai dengan bidang saya selama ini saya tercatat sebagai pengampu matakuliah Fisika, Teknik Digital, Optoelektronika dan Elektronika Biomedik di Jurusan Teknik Elektro Unsyiah. Didalam melakukan kegiatan pengajaran ini saya banyak belajar dari rekan-rekan mahasiswa bahwa mereka akan mendapatkan hasil maksimal kalau banyak diberikan tugas mandiri. Untuk mahasiswa yang mendapatkan nilai ujian tengah semester rendah saya berusaha melakukan pendekatan personal sehingga saya tahu dimana titik kelemahan si mahasiswa dalam menyerap ilmu yang saya berikan. Terkadang saya memilih satu diantara yang lebih baik agar bisa mengajarkan kawan yang kurang paham tentang materi tersebut.Selama ini saya banyak meneliti dibidag instrumentasi biomedik terutama sensor yang dapat mendeteksi listrik dalam tubuh manusia



 

 




email yunidar@unsyiah.ac.id

Publikasi (Publications)

Jurnal (Journals)


Yunidar, 2012, DESAIN PROTOTIPE PENGAMAN KEBAKARAN PADA RUMAH CERDASBERBASIS PLC OMRON CPM2A, KITEKTRO: Jurnal Online Teknik Elektr, Vol.1 , 62-69, e-ISSN: 2252-7036.

Prosiding (Proceedings)

Yunidar, 2014, Prototype Pendeteksi Kadar Oksigen Dalam Darah Menggunakan LED dan Photodetector Berbasis Mikrokontroler Atmega16, SNETE ke-4 Tahun 2014, Seminar Nasional dan Expo, Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Sumatera Utara, 19-20 Agustus 2014, Banda Aceh, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik ,Universitas Syiah Kuala, 0, ISSN : 2088-9984.

Yunidar, 2013, Pendeteksi Kecepatan Kenderaan Menggunakan Laser Pointer dan Fotodioda Berbasis Arduino Uno, SNETE ke-3Tahun 2013, Seminar Nasional dan Expo, Hermes Palace Hotel Banda Aceh, 26 Agustus 2013, Banda Aceh, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik ,Universitas Syiah Kuala, 0, ISSN : 2088-9984.

Training/Diklat (Workshops)

19-08-2014, SNETE 2014, TEKNIK ELEKTRO UNSYIAH dan POLITEKNIK NEGERI MEDAN, Hotel Santika, Medan.
26-08-2013, SNETE 2013, TEKNIK ELEKTRO UNSYIAH dan POLITEKNIK ACEH, Hermes Palace Hotel, Banda Aceh
24-11-2012, SNETE 2012, Teknik Elektro Unsyiah dan Teknik Elektro USU, Hotel Santika, Medan.